Ilustrasi daging kambing/Net
Ilustrasi daging kambing/Net
KOMENTAR

BANYAK orang yang ‘memusuhi’ daging kambing karena khasiatnya yang mampu menaikkan tekanan darah dan kolesterol dengan sangat cepat. Belum lagi aromanya yang ‘prengus’, membuat tidak banyak orang mau mengonsumsinya.

Tapi, jangan terlanjur underestimate dengan daging kambing, ya! Terbukti, ada banyak manfaat kesehatan yang dibawanya.

Mencegah Anemia

Daging kambing kaya akan zat besi, yaitu nutrisi yang diperlukan tubuh untuk menghasilkan hemoglobin dalam sel darah merah, yang mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Tubuh manusia tidak bisa menghasilkan zat besi sendiri, karenanya akan menjadi anemia jika kekurangan. Untuk melengkapinya, mengonsumsi daging kambing menjadi solusi.

Memelihara kesehatan otot

Daging kambing kaya akan protein, di mana proteinnya menyediakan semua asam amino esensial yang diperlukan bagi kesehatan dan perkembangan tubuh. Manusia memerlukan protein untuk memelihara kesehatan otot.

Protein pada daging juga bermanfaat untuk memperbaiki jaringan yang rusak, terutama pada otot. Asupan protein harian yang cukup akan membantu memelihara kesehatan itit dan menjaganya secara keseluruhan.

Memiliki kandungan kalori yang lebih sedikit

Ya, kandungan lemak pada daging kambing lebih rendah dibandingkan dengan daging merah lainnya. Artinya, daging kambing memiliki kalori yang lebih sedikit. Jadi, konsumsi daging kambing sesekali dalam pola makan, bisa mengurangi risiko obesitas.

Mengelola tekanan darah

Daging kambing mengandung kadar kolesterol yang lebih rendah dibandingkan daging merah lainnya. Kolesterol dan lemak jenuh yang rendah dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Kaya kalium dan kalsium

Kalium menawarkan manfaat untuk kesehatan tulang. Asupan kalium yang terlalu sedikit dapat meningkatkan tekanan darah dan menguras kalsium dalam tulang, yang bisa saja memicu berbagai masalah, seperti osteoporosis.

Sementara, kandungan kalsium setidaknya cukup untuk membantu memenuhi kebutuhan harian.

Itulah beberapa manfaat mengonsumsi daging kambing. Namun untuk memperoleh manfaat tersebut tentunya wajib memerhatikan cara mengolahnya. Yang utama, memasak daging tidak memerlukan banyak minyak, untuk menghindari penumpukan lemak yang tidak diperlukan tubuh.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health